entah gue harus mulai dari mana...
hari ini gue sedih banget.. kenapa?
soalnya temen-temen gue pada suka banget nyeritain tentang keluarganya. lah kenapa gue sedih? karena gue bingung kalo harus ceritain tentang keluarga gue. keluarga gue ga sempurna. sejak papa-mama cerai aja gue udah nganggep kalo gue ga punya keluarga. udah bener-bener pecah. udah bener-bener broken.
part sedihnya dari obrolan kali ini tuh dimulai oleh tami yang nyeritain tentang orang terdeketnya dikeluarga dan dilanjutin sama marta & intanar yang juga nyeritain. mereka cerita tentang seberapa deketnya mereka sama adenya. hm gue cuma bisa diem awalnya, dengerin doang. tapi pada akhirnya gue ikutan speak up.
gue ga pernah deket sama ade gue. ya secara gue & sasa beda 10 tahun. gue hampir 19 tahun, sasa baru 9 tahun. ya gimana mau sharing hal-hal privacy? gue nyimpen semuanya sendiri, gue ga punya orang terdeket di keluarga. kalo cerita sama mama... ga akan didengerin. gue tau kok kalo gue juga orangnya ignorance banget, tapi gue pengen didenger juga. selama ini gue yang selalu mendengarkan, dan kalopun gue nyuekin cerita-cerita mama, itu juga karena ceritanya udah repeat beberapa kali. bosen juga kali dengernya.
dulu.....
sebelom mama-papa cerai, gue deket banget sama papa. gue cerita semuanya sama papa, gue lakuin semua aktivitas gue sama papa. ya walaupun papa pulang kerja dari belitung cuma sebulan sekali, tapi setiap papa ada di rumah kita selalu nempel. nonton film-film action bareng. papa selalu belain gue kalo gue diomelin mama. papa selalu ngurutin gue kalo gue jatoh. papa selalu care sama gue.
gue kangen banget sama kenangan-kenangan itu. papa..... pipi kangen banget sama papa yang dulu, papa yang sayang sama pipi. pipi ga tau harus bilang kaya gimana ke papa, tapi pipi kangen banget sama papa.
ya Allah... udah berapa tahun berlalu sejak papa-mama cerai? 7 atau 8 tahun kayanya. mama-papa cerai waktu gue masih kelas 5 sd. waktu itu mama minta cerai gara-gara papa ketauan married lagi. mama-papa berantem didepan gue & sasa waktu itu, dan sasa masih 1,5an tahun.
waktu itu..... mama lempar-lempar barang yang ada, termasuk piring & radio dirumah. gue & sasa cuma bisa nangis nangis doang. mama nyebut nyebut cerai waktu itu. dan gue bilang "mama papa jangan cerai"
gue sedih banget kalo inget itu. gue nangis. tapi omongan gue sama sekali ga didengerin. gue cuma anak kecil waktu itu. ya gue tau. tapi apa imbasnya sekarang?
liat deh, kasian sasa. apa ga kasian juga sama gue?
GUE KANGEN BANGET SAMA PAPA. GUE KANGEN SAMA PAPA YANG DULU.
gue kangen sama papa yang selalu ada buat gue. gue sayang banget sama papa.
waktu itu pas sidang perceraian mama-papa, gue ditanya "mau ikut mama atau papa?"
of course gue pengen banget ikut papa, secara gue sayang papa dan mama galak banget. tapi apa daya? akhirnya mama yang dapet hak asuh gue karena gue bilang ke hakim/jaksa nya kalo gue maunya ikut mama aja. lah kenapa bisa gitu? ya karena gue diancem sama mama waktu itu.
kata mama, "kalo kamu mau ikut papa, yaudah gapapa. tapi kamu ga akan ketemu mama& sasa lagi"
gue takut banget waktu itu. gue sayang sasa.
dan kemudian gue mikir, "kalo ikut papa, pipi ga boleh ketemu mama & sasa lagi tapi kalo pipi ikut mama, pipi masih boleh ketemu papa kok" dan dengan itu, gue fixed ikut mama.
selama kurang lebih 4 tahun gue ga pernah ketemu papa, lost contact. gue pikir gue ga akan ketemu papa lagi. gue sedih banget waktu itu. tapi ternyata gue ketemu papa lagi pas gue kelas 3 smp, kalo ga salah waktu itu bulan november. mendekati birthday gue.
tapi ga tau kenapa pas gue ketemu papa for the first time setelah 4 tahun ga ketemu, rasanya tuh beda. papa udah kaya stranger bagi gue.
gue ga berani peluk papa sampe sekarang, kecuali waktu itu gue peluk papa sekali karena gue emang pengen banget.
gue sama papa udah ga sedeket dulu lagi sekarang dan gue kangen banget masa-masa itu.
tadi pas intanar & tami cerita kalo orang dirumah mereka yang jadi the best listener itu bokap mereka, gue sedih. gue pengen banget nangis tadi dan gue ngeluapinnya pas sholat ashar. gue kangen banget sama papa but seems like he doesn't care as much as when I was a kid. he's a different man now.
gue bbm papa "pa, pipi kangen papa" tadi pas tami, marta, intanar ngomongin tentang bokap mereka. dan ternyata bbm gue cuma di read doang. sakit, broh.
tadi pas perjalanan pulang sama piyo pun gue nangis gara-gara keingetan papa. gue pengen denger suara papa, gue pengen cerita sama papa tentang hari ini, gue pengen cerita sama papa tentang orang-orang yang suka ceritain tentang papanya, dan gue pengen cerita sama papa kalo gue iri sama orang-orang itu. sumpah gue iri banget.
dan pas abis maghrib gue bbm papa lagi. "pa, pipi kangen papa. papa bisa telp pipi ga?" dan cuma di read doang. masya Allah. segitu engga-care-lagi nya kah papa sama gue.
gue bener-bener kangen sama papa yang dulu. kangen banget. gue pengen peluk papa sambil bilang "papa, pipi kangen papa. pipi sayang papa. pipi ga mau bikin papa kecewa sama pipi. pipi pengen bikin papa bangga."
udah gitu aja. cukup nangisnya malem ini cuma buat curhat kaya gini :')
No comments:
Post a Comment